Media Relation Apaan Tuh ?


Media relation itu Apa?

Assyari Abdullah_Public_relationItulah pertanyaan sederhana, ketika saya untuk pertama memberi materi Materi Media Relations. Sangatlah wajar, karena mereka belum mengenal persis apa itu Dunia Jurnalistik. Sebagai ilustrasi, tentang hubungan Pers dan PR, hubungannya dalam Media Relations. Misalnya, dari sekian banyak tugas PR, di antaranya membuat event, entah itu, Launching Produk, Promo Menu Baru, Social Event, Acara Cooking Class dll. Tahapan Pertama tentu, membuat perencanaan, mulai tanggal, lokasi, program acara, pihak -pihak terkait yang terlibat, plus anggaran yang harus disiapkan. Lalu yang terpenting adalah Publikasi. Masang iklan tentu butuh estimasi biaya yang tidak sedikit khan ? Sebagai contoh, memasang iklan 1/2 halaman saja, satu kali tayang di koran lokal Jawa Timur, harganya sekitar Rp 25 juta. Itu baru satu media, kalau di tambah promosi di radio, misalnya di salah satu radio yang paling TOP di Surabaya yaitu Suara Surabaya. Untuk spot iklan 30 detik Rp 420.000, jika berniat talk show 45 menit = Rp 7.000.000,- Promo tersebut, memang perlu dilakukan, goalnya tentu banyak orang tahu (awareness), ujung-ujungnya banyak permintaan (High Revenue). Cara lain yang tak kalah efektif : (1) Mengirim agenda kegiatan jauh-jauh hari. Coba perhatikan di surat kabar, biasanya di halam bagian dalam, ada sebuah kolom khusus yang membuat agenda kota seminggu ke depan. (2) Mengadakan pers confrence, mengundang wartawan untuk sosialisasi awal acara tersebut. Sekedar catatan, umumnya jurnalis enggan datang pada acara ini, mereka memilih langsung datang pada hari “H” , untuk mensiasatinya ada beberapa cara, misalnya tuliskan pada undangan tersebut, bahwa Press Confrence tersebut juga untuk pemberian ID (biasanya untuk acara pagelaran musik, atau seminar regional dan nasional). Cara lain, undang pengisi acara, tokoh ataupun orang-orang penting (level Manajer/GM) pada acara Press Confrence. Tujuannya, buat wartawan terlebih koran harian, mereka dituntut untuk menulis artikel, istilahnya sambil menyelam minum air, sambil menulis acara yang akan digelar ke depan, mereka juga bisa menulis tentang profil tokoh tersebut. (Buat stock tulisan-lah). (3) Acara press conference, tidak memakan waktu lama, bisa juga ditunggangi acara lainnya. Misalnya memperkenalan orang baru di perusahaan kita. Bisa saja Chef -kalau Hotel, Manajer Marketing, Fasilitas baru dll. Acara lain mungkin dengan memperkenalkan menu baru, plus menyediakan recipies (Wah wartawan kuliner pasti deh datang), Yupp, karena seminggu sekali, koran harian menampilkan menu plus resep. (4) Yang terpenting lagi, selalu konfirmasikan mengenai kesediaan, entah itu via telp, atau e-mail. Nah, PR yang jeli tentu bisa memanfaatkan Media Relations, sebagai bagian publisitas. Coba saja.

Sumber http://duniabaruku.blog.com/

Posted on 3 Maret 2009, in MEDIA RELATION. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: