Gawat, 38,9 Persen Tak Tahu Tanggal Pemilu




Pemilihan umum (pemilu) tinggal 28 hari, tetapi ironisnya 38,9 persen masyarakat Indonesia belum dapat menyebutkan tanggal pelaksanaan pemilu legislatif dengan benar, yakni 9 April 2009.

“Dari situ bisa dilihat, masih banyak yang belum tahu kapan tanggal pemilu, ini kan mengkhawatirkan, siapa tahu justru mereka malah piknik saat itu karena tidak tahu,” tutur Peneliti Puskapol (Pusat Kajian Politik) Fisip UI, Sri Budi Eko Wardani, kepada wartawan di Gedung Jakarta Post, Jakarta, Rabu (11/3).

Hal itu berdasar pada hasil survei bersama empat lembaga kajian CSIS, LP3ES, P2P LIPI, dan PUSKAPOL Fisip UI pada 9-20 Februari 2009. Survei ini dilakukan secara nasional dengan menjaring 2957 responden berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah yang tersebar di 150 desa di seluruh wilayah provinsi di Indonesia. Metode yang digunakan melalui wawancara tatap muka.

Dijelaskan Sri Budi, masih ada masyarakat yang belum tahu pasti tanggal pelaksanaan pemilu karena minimnya sosialisasi pelaksanaan pemilu. “Sosialisasinya harus lebih diintensifkan lagi, masih ada waktu 28 hari lagi, ini PR bersama,” ujarnya.

Selain itu, dikatakannya, mayoritas masyarakat tak yakin terdaftar sebagai pemilih. “Hanya 18 persen yang mengaku pernah datang untuk mengecek ke Ketua RT atau kantor kelurahan apakah terdaftar atau tidak sebagai pemilih, sisanya mayoritas 78 persen tak mengecek,” ujar Sunny.

Namun, ternyata sekitar 61 persen responden mengaku rumahnya tak didatangi petugas pencatat. Artinya, petugas tidak secara aktif mendatangi pemilih. “Temuan ini menunjukkan perlunya perbaikan sistem pendaftaran pemilih dalam pemilu,” katanya.

Mengenai tata cara memberikan suara, menurut Sri Budi, hanya 59 persen masyarakat yang dapat memberi suara dengan benar sesuai aturan UU No 1/2008. “Sebagian lainnya memilih dengan cara mencoblos pada surat suara, seperti berlaku pada pemilu-pemilu sebelumnya,” katanya. [MYS]

Posted on 12 Maret 2009, in ELLECTION NEWS BLOG 09. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: