“Free eBook” Langkah efektif menjaring trafik



.fullpost{display:inline;}

Melanjutkan tulisan sebelumnya Meningkatkan Trafik bermodal eBook ternyata banyak yang tertarik untuk membuatnya. Namun tujuan tulisan kali ini bukan tutorial membuat Electronic Book (eBook) tapi lebih focus kebahasan bagaimana cara efektif membuat “Free eBook” sebagai penjaring trafik. Sebelum kita membuat eBook tentu harus mengetahui manfaat eBook itu sendiri. Dari banyaknya informasi seputar manfaat eBook, menurut saya yang paling utama tentu saja ukuran eBook relatif kecil dari pada buku biasa, selain itu proses pembuatan eBook relatif singkat, apalagi eBook sangat  mudah untuk di didistribusikan. Walah kalo ini semua juga udah pada tau om? ok kalo gitu..sampai disini saya anggap semua mengerti manfaat dari eBook🙂 Lanjut…

Jika kita berbicara tentang eBook tentu ada 2 tujuan yang ingin dicapai dari pembuatannya.

1. eBook Gratis (Free eBook) sebagai media promosi dan penghasil trafik.

Pada kenyataannya eBook gratis biasanya lebih focus pada penyebaran, tidak peduli eBook ini bagus apa tidak, biasanya semua penilaian diserahkan pada pembaca, karena dasar tujuan hanya sebagai media berbagi informasi. Tapi dibalik “kata berbagi” tentu ada tujuan lain yang ingin dicapai pembuatnya. Jika tujuan utama sebagai promosi dan penghasil trafik, eBook jenis inilah yang harus mendapat perhatian lebih dari calon pembuatnya.

2. eBook berbayar untuk mencari keuntungan (Profit)

Berbeda dengan eBook gratis, membuat eBook yang dijual terasa lebih rumit dalam proses pembuatan. Disini calon pembuat mau tidak mau mengerahkan semua kemampuan, tenaga dan pikirian. eBook yang dijual tentu lebih mengoptimalkan pada kekuatan materi sesungguhnya. eBook semacam ini bukan target penghasil trafik yang baik, tapi lebih bagus dari segi keuntungan (Profit). Selain keuntungan..eBook berbayar juga memiliki kerugian, teruma pada masalah pembajakan. Tidaklah sulit melakukan duplikasi pada eBook berbayar. Sangat berbeda dengan tujuan Free eBook yang meminta pembajak melakukan menduplikasi sebanyak-banyaknya 🙂

Membuat Free eBook sebagai artikel pillar.

Mengapa saya menganjurkan untuk membuat Free eBook terlebih dahulu dari pada eBook berbayar. Pertama, tentu saja tujuan kita sebagai media promosi dan kedua, menurut pengalaman saya pribadi hasil yang didapat juga lebih besar pengaruhnya pada trafik. Lalu apa untungnya? dapat duit? stop!! lupakan dulu masalah profit dan finansial anda, pada kenyataannya blog/site yang tidak memiliki nama besar akan susah menjual sesuatu yang besar, meskipun anda merasa eBook yang anda tulis paling top sedunia. Berpikirlah terlebih dahulu melempar produk ada kepasaran meski harganya murah. Dalam hal ini promosi besarlah yang lebih diprioritaskan, bukan ukuran Font-nya yang dibesarkan🙂. Jika blog/site anda sudah memiliki nama baik, jangankan eBook, apapun yang anda jual pembaca pasti lebih percaya dan mudah menerimanya.

eBook yang bagaimana menjadi penghasil trafik?

Tidak bisa dipungkiri eBook gratis tentu lebih dominan sebagai penghasil trafik. Manusia mana yang tidak suka dengan kata “gratis” dan yang saya sukai dari eBook gratis tentu tidak ada batasan dalam membuatnya, kita bisa lebih leluasa dan mampu berkreasi tanpa takut terjadi kesahan kecil pada kualitas materi..istilah kasarnya “salah sedikit ya maklum..di baca ya syukur, jika tidak buang aja ke bak sampah..beres! hehehe” ups..dalam hal ini bukan berarti Free eBook merupakan produk asal jadi, yang penting kualitas kontenlah yang diutamakan.

eBook penghasil trafik biasanya merupakan kumpulan artikel yang paling di minati saat ini, karena topik setiap blog berbeda berarti anda sendiri yang bisa menentukan keinginan pembaca . Saya ambil contoh blog anda berisi tentang “resep masakan” dari sebagian resep terbaik yang anda tulis tentu bisa anda kompilasi jadi ebook sederhana atau misalkan “Blog tentang otomotif” anda bisa membuat ebook mengenai “tips merawat mobil” atau “kumpulan lengkap alamat bengkel modifikasi di yogyakarta” dari contoh sederhana ini tentu anda bisa menyimpulkan sendiri mana yang terbaik untuk dijadikan ebook.

Cara efektif membuat eBook.

Cara cepat dan mudah membuat eBook tentu dengan melakukan kompilasi dengan tulisan yang sudah ada, apalagi jika anda membuat artikel berseri sebelumnya, tentu ini akan lebih mudah. Jika anda belum memiliki artikel berseri buatlah mulai dari sekarang, jika masih terasa sulit coba menggunakan cara instan dengan mengumpulkan bahan atau referensi dari internet, kemudian susun ulang dan kompilasi menjadi satu. Cara ini sebenarnya ilegal, yang penting tujuannya bukan komersil (nonprofit) dengan syarat tidak mengurangi dan menambahkan original kontennya. Namun saya sarankan anda lebih baik menghindari cara ini, akan lebih baik anda membuat artikel murni hasil buah tangan anda sendiri. (tentu anda tidak ingin malu di kemudan hari khan?)

Free eBook sebagai Viral Marketing.

Menyebarkan eBook yang berkualitas dan bermanfaat kepada pembaca lainya sama dengan menyebarkan virus menular, Jika eBook tersebut benar berkualitas, anda dapat bayangkan eBook anda akan terus didownload dan hasil download akan dibagikan ke pembaca lainnya,  entah ini promosi dari mulut kemulut, duplikasi masal atau melalui rekomendasi site, ini akan terus berlangsung dalam waktu lama..yang jelas eBook tersebut akan beranak pinak seperti kelinci..sebagai imbas dari penyebaran ebook ini tentu akan meningkatkan popularitas dan trafik juga khan sebagai hasilnya.

Level Pembaca eBook.

Sebelum membuat eBook tentu anda harus mempunyai target pembaca, dalam hal ini ada 3 jenis keterampilan yang harus anda tentukan yaitu Tingkat pemula, Tingkat menengah dan Tingkat mahir..disini cuma anda sendiri yang bisa menentukan. Saran saya jangan sampai membuat ebook dengan memasukan istilah2 asing dan terlampau tehnis jika target anda untuk pemula, apalagi berlagak pintar dan jenius. eBook yang berkualitas bukan dilihat dari gaya tulisan..tapi lebih menekankan pada informasi yang terkandung didalamnya. Sehebat apapun gaya tulisan anda kalau pembaca tidak mengerti maksud informasi yang di sampaikan khan sama aja bo’ong. yang harus anda ingat level pembaca itu berbeda, tulisan bagus belum tentu mudah dimengerti pembaca awam. Sebelum anda protes, saya sendiri juga bukan penulis yang baik hehehhe *ngacir mode on*🙂

Memilih Format eBook.

Sampai saat ini ada beberapa format dari eBook. Tentu saja masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. dengan adanya banyak format ini kadang membingungkan bagi pembaca dan juga penulis eBook. Dibawah ini beberapa contoh format eBook yang biasa digunakan:

  • Executable (Exe)

  • Plain Text (ASCII)

  • Microsoft Word (doc) dan RTF

  • HTML dan XML

  • Adobe PDF

Dari pilihan diatas, format eBook yang paling banyak digunakan tentu saja Executable (exe) dan Adobe PDF.

Menentukan Judul eBook.

Menentukan Judul eBook bukan perkara gampang, disini anda harus benar-benar bisa merangsang pembaca, anggap saja judul sebagai keyword yang anda cari dalam search engine, singkat dan padat. Sebisanya cari judul yang paling banyak dicari dan dimininati pembaca saat ini. Sebagai contoh “kiat sukses promosi blog” dari judul ini bisa anda bayangkan siapa yang tidak ingin blognya sukses dan banyak pengunjung🙂

Pilihan bahasa menentukan target promosi.

Anda membuat eBook berbahasa indonesia berarti eBook anda cuma dikonsumsi oleh orang indonesia saja. Jika anda ingin dikenal lebih luas lagi, alternatif bahasa lain bisa anda coba atau kenapa anda tidak membuat eBook multi bahasa saja, tentu efeknya akan lebih hebat lagi khan🙂

Perhatikan Penggunaan Link.

Kelebihan eBook dibanding buku konvesional tentu saja cara penyampainnya, buku biasa hanya bisa menunjukan informasi berupa link tujuan, tentu berbeda dengan eBook digital yang bisa langsung menuju informasi link yang disampaikan. eBook memudahkan menyampaikan informasi secara interaktif, jadi dalam hal ini link tujuan yang di informasikan sebaiknya bukan broken link atau dead link (alamat kosong dan sudah mati)

Membuat Halaman Peraturan.

Sejelek dan sebagus apapun Free eBook yang anda buat tentu anda berhak membuat halaman peraturan, untuk memudahkan anda membuat kalimat peraturan, ada cukup copy-paste aja kalimat dibawah ini :

“E-Book ini dapat anda sebarkan secara bebas untuk tujuan bukan komersial (nonprofit) dengan syarat tidak mengurangi dan menambahkan isi kandungan didalamnya. Tidak diperbolehkan melakukan penulisan ulang, kecuali mendapatkan ijin terlebih dahulu dari nama-url-anda.com”

Dibalik pembuatan Free eBook, 2 informasi dibawah inilah yang menjadi jurus pamungkas sebagai rahasia penjaring trafik:

1. Menambahkan “Informasi Profile” pembuat eBook.

eBook yang berkualitas dan mempunyai manfaat besar bagi pembaca tentu akan membuat rangsangan balik, yang jelas pasti ada rasa penasaran ingin mengetaui siapa dibalik penulis eBook tersebut.  Cara yang umum dilakukan adalah dengan menambahkan Nama, alamat URL blog/site dan alamat E-mail anda. Untuk membuat halamat profile anda bisa merancangnya sendiri, yang penting jangan terlalu berlebihan, tulislah profile anda apa adanya.

2. Mengajak pembaca berlangganan Via feed.

Pada halaman terakhir ebook, tidak ada salahnya anda mengajak pembaca untuk berlangganan Rss Feed milik anda. Disini tugas kita hanya menawarkan, ajari caranya dan jelaskankan juga apa maksudnya, untuk urusan berminat apa tidak itu urusan pribadi pembaca, yang penting hindari cara memaksa. Untuk membuat format ajakan berlangganan feed bisa anda lihat contohnya pada salah satu ebook buatan saya Disini atau Disana. Satu bukti nyata dari penyebaran eBook bisa saya rasakan dari meningkatnya pembaca Feedburner reader count dan Feedblitz milik saya dari hari kehari dan saya yakin ini salah satu efek dari penyebaran ebook tersebut.

Sampai disini anda berminat membuat Free eBook? …………

Untuk artikel mendatang saya akan mengajarkan anda bagaimana tutorial membuat eBook (secara offline dan online), melakukan proteksi sederhana, membuat halaman bookmark, mendesain logo dan cover ebook dan software apa saja yang sebaiknya anda gunakan…ditunggu ya🙂

http://www.o-om.com/

Posted on 19 Maret 2009, in INTERNET. Bookmark the permalink. 1 Komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: