Jefri Bupati Kampar Terpilih


Syahnan Rangkuti | Marcus Suprihadi | Jumat, 14 Oktober 2011 | 11:29 WIB
KOMPAS/SAHNAN RANGKUTI Suasana pada pengumuman hasil pemilukada Kampar yang dimenangi pasangan Jefri Noer-Ibrahim Ali, Jumat (14/10/2011).

SIAK HULU, KOMPAS.com- Pasangan Jefri Noer-Ibrahim Ali ditetapkan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kampar terpilih pada Pemilukada Kampar dalam Rapat Pleno Komisi Pemilihan Umum Kampar, yang berlangsung di Siak Hulu, Kampar hari Jumat (14/10/2011).

Pasangan bernomor urut tiga itu meraih 125. 231 suara atau 45,85 persen, disusul pasangan petahana Burhanudin Husin (Bupati Kampar 2006-2011) yang berpasangan dengan Zulher (Sekretaris Daerah Kampar) 110.095 suara atau 40,56 persen, dan pasangan Nasrun Efendi-T Nizar dengan perolehan 37.095 suara atau 13,58 persen.

Rapat pleno yang diselenggarakan di sebuah hotel berbintang di perbatasan kota Pekanbaru itu berlangsung nyaris tanpa gangguan. Semula, saksi dari pihak Burhanudin Husin dan Nasrun Efendi tidak bersedia menandatangani hasil rekapitulasi perhitungan suara Pemilukada yang berlangsung Senin (10/10/2011) kemarin.

Ketika Ketua KPU Kampar Syafril Abdullah membacakan keputusan penetapan Bupati Kampar Terpilih, tiba-tiba saksi dari pihak Burhanudin mengajukan interupsi. Pengunjung langsung hening atas aksi tidak terduga itu. Tepuk tangan akhirnya pecah tatkala saksi itu menyebutkan bahwa dirinya bersedia menandatangani hasil perhitungan suara KPU Kampar.

Tepuk tangan kembali bergema tatkala saksi dari pihak Nasrun Efendi juga menyatakan bersedia menandatangani juga. “Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah menyukseskan Pemilukada Kampar yang berlangsung sukses. Kami juga berterima kasih kepada Polres Kampar yang telah bersusah payah mengamankan proses Pemilukada ini,” ujar Syafril.

Rapat pleno KPU Kampar berlangsung dengan pengamanan ketat polisi dari Polres Kampar. Untuk dapat memngikuti rapat, hanya undangan dan wartawan yang dipersilakan masuk. Rapat dihadiri oleh seluruh anggota KPU Kampar dan pasangan Jefri Noer-Ibrahim Ali serta Tengku Nizar yang merupakan calon Wakil Bupati dari pasangan Nasrun Efendi.

Meski berlangsung sukses, keikutsertaan masyarakat Kampar dalam Pemilukada tergolong minim. Dari total 486.206 pemilih terdaftar, hanya 279. 231 orang yang menggunakan hak pilihnya atau hanya 56,6 persen dari total pemilih.

Lancarnya perhitungan suara Pemilukada Kampar langsung mendapat apresiasi dari KPU Riau, Edi Sabli. “Ini adalah contoh demokrasi yang sejuk dan kekeluargaan. Dari 10 Pemilukada yang berlangsung di Kabupaten dan Kota di Riau selama 2010 dan 2011, delapan pasangan mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi dan hanya dua yang tidak menggugat yakni Kabupaten Meranti dan Indragiri Hulu. Kita tunggu pula apakah Pemilukada yang ke-11 ini ada pasangan yang menggugat ke MK atau tidak. Mudah-mudahan tidak agar Bupati Terpilih dapat langsung bertugas membangun Kampar,” kata Edi.

Sumber : Kompas.com

Posted on 19 Oktober 2011, in PEMILUKADA KAMPAR and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: