PNPM Mandiri Perdesaan Peduli Pendidikan


Jalan yang paling ampuh untuk mencapai tujan negara adalah melalui pendidikan

-Fukuzawa Yukichi, Pendiri Keio University, Jepang-

Tanjung Pinang, Kepri – Seluruh komponen Bangsa saat ini sedang berusaha dengan sungguh-sungguh untuk mengatasi berbagai persoalan atara lain, persoalan kemiskinan, keterbelakangan, kesenjangan sosial, kurangnya pemerataan pembangunan, pengangguran, aksesbilitas, tingginya angka putus sekolah, rendahnya taraf pendidikan dan permasalahan lainnya yang dihadapkan kepada bangsa Indonesia sebagai Negara berkembang. Permasalah itu tentunya menjadi catatan bagi kita semua untuk mengupayakan Indonesia yang lebih baik, berdaya dan sejahtera. Indonesia dengan berbagai problematika, apa lagi yang bersentuhan dengan kemiskinan dan pendidikan bisa dianalogikan sebagai dua sisi yang berbeda pada mata uang yang sama, yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain yang memiliki hubungan kausalitas antara satu dan lainnya.

ASSYARIABDULLAH.WORDPRES.COM-SEKOLAHDIBINTAN

Gedung Taman Pendidikan Alquran (TPA) di Desa Seri Bintan Kec. Teluk Sebong yang dibangun tahun 2010

Sebuah teori menyatakan, semakin tinggi tingkat pendidikan seseorang maka semakin tinggi pula taraf ekonominya. Problema kemiskinan Indonesia hari ini tak terlepas dari rendahnya taraf pendidikan masyarakat. Sejujurnya kemiskinan di Indonesia bisa dilihat dari tiga perspektif yaitu, Kemiskinan Alamiah, Kemiskinan Struktural dan kesenjangan antar wilayah yang ada se-seantero negeri ini. Berbagai studi menunjukan persoalan pengangguran lebih dipicu oleh rendahnya tingkat pendidikan, kesempatan dan peluang kerja bagi angkatan kerja di perdesaan.

Upaya untuk menanggulangi permasalah tersebut dibutuhkan pendekatan multi disiplin ilmu yang berdimensi kepada pemberdayaan, dengan metode yang harus memadukan aspek-aspek penyadaran, peningkatan kapasitas (capasity Building) dan pendayagunaan, sebagai Program Dari, Oleh dan Untuk Masyarakat, menyadari hal itu Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Madiri Perdesaan berusaha untuk menjawab fenomena tersebut.

PNPM Mandiri Perdesaan merupakan program untuk mempercepat upaya penanggulangan kemiskinan secara terpadu dan berkelanjutan di perdesaan. Program tersebut merupakan pengembangan dari Program Pengembangan Kecamatan (PPK) yang dirilis pemerintah tahun 1998 dan dinilai cukup berhasil. Kemudian pada tahun 2007, Pemerintah mencanangkan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri yang terdiri dari PNPM Mandiri Perdesaan, PNPM Mandiri Perkotaan, serta PNPM Mandiri wilayah khusus dan desa tertinggal. Dari awal pelaksanaannya program PNPM Mandiri perdesaan sudah menjangkau 26.724 desa dari 1.837 kecamatan di 32 provinsi. Lalu pada tahun 2008, PNPM Mandiri Perdesaan dinikmati di 34.031 desa dari 2.230 kecamatan di 32 provinsi, dan pada thun 2013 sudah menyentuh sebanyak 5146 Kecamtan di 392 Kabupaten di 32 Provinsi di tanah air.

Pendidikan sebagai elemen integral dari pembangunan masyarakat seutuhnya, diharapkan mampu memberikan kontribusi yang berarti dalam upaya mempersiapkan SDM Kepulauan Riau dimasa mendatang. karenanya diperlukan partisipasi semua elemen masyarakat agar terciptanya pembangunan secara terpadau konsisten, terarah dan berkesinambungan, itu semua mencakup prinsip-prinsip di PNPM. Merujuk kepada data dari Bank Dunia Tahun 2011 tentang Kegiatan PNPM Mandiri dengan kategori Pembangunan dan Rehabilitas Gedung Sekolah sudah mencapai angka sebanyak 21.855 Bangunan Sekolah yang tersebar se Indonesia. Begitu juga dengan Provinsi Kepulauan Riau, untuk meningkatkan mutu pendidikan, Pemerintah melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan sudah banyak membangun sarana dan prasarana pendidikan yang dikelola oleh swasta. Terhitung semenjak PNPM Mandiri diluncurkan pada tahun 2007 lalu sampai tahun 2012, tidak kurang dari 67 Unit Gedung untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) telah terbangun dan termanfaatkan oleh masyarakat, 37 unit Gedung Taman Kanak-Kanak (TK), 28 Unit Sekolah Dasar, 2 unit SMP/Madrasah Tsanawiyah, Pemberian Beasiswa Kepada Siswa yang tergolong dalam Rumah Tangga Miskin (RTM) sebanyak 18 Kali yang diperuntukan kepada 1694 orang Siswa kurang mampu, Prasarana Pendidikan 60 unit, pelatihan Pendidikan, bantuan untuk biaya Transportasi guru tahun 2011 di Kabupaten Natuna, Renovasi Gedung Pendidikan, insentif Guru Honorer pada tahun 2010 yang diperuntukan untuk guru honorer di Kabupaten Natuna dan kegitan pendidikan lainnya. Semenjak PNPM Mandiri Perdesaan ini diluncurkan tidak kurang dari 222 item kegiatan terlaksana yang berorientasi kepada peningkatan kualitas Pendidikan di Bumi Melayu ini.

Grafik Kegiatan PNPM Mandiri Perdesaan Kepri dibidang Pendidikan Tahun 2007-2012

ASSYARIABDULLAH.WORDPRES.COM-KEGIATAN-PENDIDIKAN-PNPMMANDIRIKEPRI

Dari Pembangunan sarana dan prasaran pendidikan yang telah ada, setidaknya pada tahun 2007 telah menelan dana sebanyak Rp. 1,8 milyar yang berseumber dari Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) ditambah dengan Swadaya Masyarakat Rp. 27,5 Juta .Kemudian Tahun 2008 meningkat menjadi Rp. 7,1 milyar   dengan swadaya masyarakat Rp. 105,3 Juta . Pada Tahun 2009 BLM sebanyak Rp. 5, 22 milyar ditambah dengan Swadaya sebesar Rp. 92 juta. Ditahun 2010 Kucuran BLM sebanyak Rp. 8,34 milyar dengan swadaya Rp. 45, 7 Juta. Memasuki tahun 2011 BLM menjadi Rp. 6,9 Milyar ditambah dengan Swadaya Rp. 60 Juta . Sedangkan ditahun 2012 BLM tersebut sejumlah Rp. 5,2 Milyar dengan Swadaya sebesar Rp. 29, 4 juta.

Dana BLM dan Swadaya untuk Pendidikan di Kep. Riau Tahun 2007-2012

ASSYARIABDULLAH.WORDPRES.COM-KEGIATAN-PENDIDIKAN-PNPMMANDIRIKEPRI_2

Pemerintah baik melalui Dinas Pendidikan maupun melalui PNPM Mandiri Perdesaan telah berusaha semaksimal mungkin untuk membangun sarana dan prasarana pendidikan di Provinsi Kepulauan Riau dalam mewujudkan amanah Konstitusi yaitu membangun manusia Indonesia seutuhnya menuju Kepri yang sejahtera. Salam Pendidikan dari Desa.

 

 

 

Posted on 19 Januari 2016, in GOOD PRACTICES, Uncategorized and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: