CYBER PR


Deskripsi

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dasar tentang aktivitas cyber public relations, meliputi komunikasi internet, dampak perkembangan teknologi komunikasi terhadap aktivitas PR, konsep Web 1.0 dan 2.0, pemanfaatan Social Networking Media (SNM) bagi PR, dan studi kasus tentang reputasi online.

Rincian Materi

MEET

PEMBAHASAN

SUB

MATERI

1 Perkenalan dan Kontrak Perkuliahan

[Download]

2 Public Relations dan Internet (1) Komunikasi & bentuk komunikasi,Komunikasi Internet;Komponen komunikasi manusia;Komunikasi & Perkembangan Teknologi Komunikasi.

[Download]

3 Public Relations dan Internet (2) Teknologi Komunikasi & Ciri2nya;Teknologi Komunikasi dan Internet;Pengertian Web 1.0 dan Web 2.0;

Public Relations memanfaatkan medium internet.

[Download]

4 Media PR 2.0 Teknologi PR 2.0;Publik di era web 2.0; Publik 2.0 & social media;Kompetensi PR 2.0.

[Download]

5 Cyber Branding Reputasi online, Reputasi Merk di Dunia Maya; Definisi Cyber Branding;Segmentasi online;Cyber Branding Model;Contoh Kasus Cyber Branding Model (Bhinneka.com).

[Download]

6 E-PR dan E-mail Autoresponder; Manfaat autoresponder bagi PR;Pemanfaatan Email bagi PR;Etika Email; Etika Attachment.

[Download]

7 E-PR & Search Engine Definisi Search Engine, Manfaat Search Engine bagi PR, Search Engine untuk Riset PR; Jenis-jenis Search Engine;Search Engine Optimization (SEO); Proses SEO.

[Download]

8 Ujian Tengah Semster

[Download]

9 Publikasi Online Publikasi di Era Web 2.0; Manfaat Publikasi online bagi PR; Pengertian E-Zine; E-Zine berbasis Web dan E-mail;

[Download]

10 Blog untuk PR: Personal Blog (Personal Branding) & Simulasi Tugas Pemahaman Blog; Membuat BlogSimulasi tugas membuat blog Blog akan dimonitor s/d menjelang UAS.

[Download]

11 Social Network Media untuk PR dan Social Marketing Mengenal ragam Social Network Media; Definisi Social Network Media; Ragam Social Media; Mengembangkan e-PR melalui SNM; Keunggulan dan kelemahan penggunaan SNM sebagai Media PR; Contoh-contoh kasus di luar dan di dalam negeri

[Download]

12 Cyber Media Relations Media-media on-line yang biasa digunakan untuk menjalin hubungan; Mengembangkan Hubungan dengan Komunitas On-Line; Mengembangkan Komunitas On-Line untuk Media Relations; Menyebarkan e-News Release

[Download]

13 Corporate Blog Konsep dan manfaat Corporate Blog. Corporate Blog sebagai media komunikasi internal.

[Download]

14 Pencitraan Merk (Branding) lewat RSS Feed dan Tagging RSS dan Buzzword; Ciri Situs Web yg memiliki RSS; Branding lewat penggunaan Tagging. Tagging, membuat merk mudah ditemukan secara relevan oleh Search Engine.

[Download]

15 Study Visit CPI, RAPP, Indah Kiat, dll

[Download]

16 Ujian Akhir Semster

[Download]

Referensi

Breakenridge, Deirdre. 2008. PR 2.0 : New Media, New Tools, New Audiences. New Jersey: Pearson Education.

Onggo, Bob Julius. 2008. Google PR: The Smart Side of Internet Public Relations. Bandung: Examedia Publishing.

Onggo, Bob Julius. 2004. Cyber Public Relations: Strategi Membangun dan Mempertahankan Merk Global di Era Globalisasi Lewat Media Online. Jakarta: Elex Media Komputindo (Kelompok Gramedia).

Straubhar & LaRose. 2001. Media Now, New York: Wadsworth Publishing Company.

———–

Download GBPP [GBPP Cyber Public Relations]

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: